VOKUS



 
IndeksIndeks  CalendarCalendar  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  GroupGroup  PendaftaranPendaftaran  Login  

Share | 
 

 Kiat Kiat Hunting Volvo

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 54
Points : 141
Reputation : 0
Join date : 27.01.14

PostSubyek: Kiat Kiat Hunting Volvo   Wed Jan 29, 2014 9:30 pm

Sektor mesin:
Perhatiin betul2 kondisi fisik mesin, lihat apa di blok mesin ada rembesan2 oli....klo ini ada 2 kemungkinan, oli rembes krn seal2nya dah pada getas, ato worst, blok mesin nya dah ga beres
Lihat kabel2 nya, keliatan tratur atau awut2an...sekalia coba buka box sekring yg deket aki, disitu bisa keliatan, mobil yg masih sehat biasanya daleman tuh box masih bagus, ga ada bekas2 gosong, dan semua nempel pada tempatnya. Klo dah awut2an, kabel nya ga karu2an, apalagi dah banyak yg tempel2an, nah kemungkinan besar tuh kelistrikan dah banyak yg di jumper (bypass)...probabilitas untuk error/masalaht kedepannya bisa besar.
Nyalakan mesin, perhatikan iddlenya.. langsamnya bagus dan tidak berebet & mobil anteng (tidak tll bergetar).. kalo bergetar banyak, kemungkinannya jg banyak.. bias idle valve, kompresi bocor, engine mounting jelek dll
sector cooling system :
Nyalakan mesin, cek suhu mesin.. biarin idle tanpa AC kira2 5-10 menit, perhatiin suhu nya, klo masih manteng di kisaran tengah berarti suhunya 90 deg, brarti masih normal, biasanya klo ga pake ac, begitu suhu dah nyentuh 90 lebih dikit, low fan nya mulai bekerja bwt jaga suhu ttp stabil di situ. klo misal tuh suhu sampe 100 lbh, apalagi klo sampe garis merah, lupain aja deh. Soalnya buat benerin ginian ribet dan mahal. Aparat tersangkanya banyak bgt, mulai dari extra fan, radiator, sensor suhu, dkk..

Cek AC system :
Ac harus keadaan dingin dan nggak ada bunyi2an.. kalau ada bunyi mendesis bias dari expansi valve-nya kl nyetek magnet kompresornya kecepetan or kelamaan bias dari jumlah freonnya ndak pas, modul ac yg di dashboard juga ndak ada nyala lampu2 yg aneh.. kalo misal high speed fan nya langsung hidup ( bunyi nya kenceng bgt, lbh kenceng dari bunyi mesin itu sendiri ) brarti ada yang ga normal. bisa karena tekanan freon nya kegedean, atau bisa jg di bypass/jumper

Cek Power Steering system :
Ndak ada rembes2 oli PS di selang2 maupun dibawah mobil.. setir dicoba belokkin kanan-kiri, ndak boleh ada bunyi dengung or rasa2 tdk normal lainnya..

Cek Matik :
Apabila Volvo incerannya matik, coba masukkan ke D atau R.. tidak boleh jedug or ada jeda beberapa detik.. coba bawa mobilnya, perpindahan antar gigi harus halus.. cari tanjakkan (tdk terlalu curam), mbl dlm keadaan berhenti dan masukkan posisi ke P kemudian masukkan ke posisi D, mobil hrs lgs jalan/nanjak or minimal berhenti di tempat (mungkin krn tanjakkannya tll terjal) tapi tidak boleh malah mundur (ingat posisi masih di D loh)..
Setelah nyoba muter2, dalam keadaan berheti dan dijalanan yg datar.. coba pindahkan posisi tongkat ke semua posisi, masih dlm keadaan mesin nyala, coba lihat stick oli matiknya.. lihat olinya, jgn sampai hitam/kotor.berbau gosong..

Sektor Interior dan Eksterior
sebisa mungkin interior msh dlm keadaan komplit, ori, bersih dan rapi.. tidak ada bau2an bekas banjir or karat2 di besi rangka jok.. tapi memang rata2 kulit jok ori volvo itu mudah retak..
Printilan2 part interior & eksterior polpoh itu susah dicarinya dan akibatnya biasanya harganya agak mahal..

cek kelistrikan semua panel2, lampu-lampu, kelistrikan kaya power window, electric mirror, dsb..

kalo soal bodi, coba buka tutup pintu2 nya satu persatu, suaranya masih manteb atau dah cempreng kaya kaleng rombeng. klo cempreng, kemungkinan karet2nya dah pada getas, or worst, bekas nabrak.

cek semua lampu2 (depan, sein, ama belakang) nempel pada tempatnya, atau nempel agak miring, atau nempel asal2an....klo nempelnya ga sempurna, kemungkinan besar masangnya ga bener, atau bahkan bodinya yg dah ga sempurna (pernah tabrakan)

liaat catnya belang apa nggak, caranya, selain ngeliat di tmpt terang (matahari lgsg) bisa jg liat di tmpt yg agak gelap (dibawah pohon/ di garasi) terkadang cet yg belang (karena spet/cet ulang) kadang ga keliatan belang klo di tmpt terang, tapi baru keliatan di tmpt gelap.

Sektor kaki-kaki
1. Coba teken2 tuh bodi depan ama belakang, klo dia mendelep, trus di lepas dan langsung naek, brarti suspensinya masih ok...klo misal abis mendelep, tapi naeknya lama banget, kemungkinan besar suspesninya dah busuk ( bisa per, bisa shock breaker)

2. bawa ke jalan yg kriting, rasain setirnya, klo setirnya goyang dombret ga karuan, banting kiri kanan, aparat tersangkanya banyak, mulai dari teirod, bull join, bushing arm, ampe lowering arm...klo ini sih wajar yah, mungkin emang dah aus karena pemakaian. tapi klo dpt yg masih bagus, kan lumayan dana masih bisa di simpen bwt jaga2 yg laen. cek juga apakah ada bunyi2an aneh dari kaki2 depan dan belakang.

3. coba bawa ngebut, trus injek rem agak dalem...rasain di kaki yg nempel di pedal rem, remnya getar2 ga? klo getar, selaen lowering arm, bisa juga cakram nya yg ga rata, atau kampas remnya, abs, atau velgnya dah peyang.

4. liat kondisi ban, klo aus nya rata, brarti kaki2 masih normal, tapi klo ban nya makan sebelah, atau aus nya ga rata, brarti ada yang ga beres...prepare aja bwt belanja kaki2. dan berharap klo yg rusak cmn part yg emang habis karena pemakaian, bkn part yg rusak karena kerja yg ga normal.

The last but important, Cek Surat2nya..

semoga bermamfaat dan happy hunting


*diambil dr berbagai sumber
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://vokus.forumid.net
 
Kiat Kiat Hunting Volvo
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» OLI MESIN NINJA 250?
» MESIN SUSAH HIDUP
» (WTS) Upside down gsx600'08
» hobi photograph

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
VOKUS :: Volvo :: Sharring All About Volvo-
Navigasi: